MEMILIH ILMU KOMUNIKASI SEBAGAI PILIHAN KAMU



 Dari bebragai macam Prodi yang ada di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UMM,Ilmu komunikasi menjadi salah satu polihan Prodi terbaik bagi Penulis.Saat pertama kali saya ingin mendaftarkan diri ke UMM,Saya melakukan berbagai riset terlebih dahulu,sesuai dengan minat dan bakat saya.Berdasarkan pengalaman saya Prodi Ilmu Komunikasi UMM memiiki keunggulan yang membuat penulis tertarik untuk masuk.Komunikasi UMM resmi menyandang Prodi dengan Akreditasi Internasional dari FIBAA yang berbasis di jerman. Hal ini melengkapi Predikat Komunikasi UMM menyusul dengan ditetapkannya sebagai Prodi yang menyandang Sertifikat AUN QA tahun 2021.Jurusan biasa disebut IKOM ini memiliki Kekhasan Digital Creative Comunication. Pada tiga peminatan di Komunikasi UMM,Yaitu Public Speaking, Jurnalistik, dan Audio Visual sekarang ditekan pada komunikasi kreatif digital yang lebih kekinian. Ilmu komunikasi juga memiliki prospek kerja yang luas.Dengan pertimbangan tersebut saya menjadi tertarik untuk belajar lebih jauh tetang Ilmu komunikasi terutama kosentrasi  Audio Visual karena untuk mengasah hobi membuat film dan editing yang saya miliki.

Pada konsentrasi Audio Visual terbagi menajdi 3 pratikum selama 3 semester.Ssetiap pratikum memiliki tema dan memfokuskan pada tema dan kedalaman materi yang berbeda beda seperti 

Pratikum Audio Visual 1


Pada Pratikum ini saya dihadapkan dengan materi Pembuatan film pendek dengan tema yang di tentukan,saya sediri mendapatkan tema Film Horor,jadi tim di berikan kekreativitasan untuk mengolah dan menggarap naskah yang kami tulis sendiri menjadi sebuah film pendek sesuai dengan tema yang didapatkan,Pada pratikum ini kami mendapat pemblajaran produksi sebuah film dan pengolahan sistem managerial yang bila diterapkan dalam dunia kerja tentunya harus disiplin waktu,menghadirkan inovasi yang lebih dari film film lain dan kesan cerita yang harus sampai pada penonton.

Pratikum Audio Visual 2


Pada Pratikum ini kita diberi tugas untuk pembuatan Iklan Layanan masyarakat dengan Sub tema yaitu Mental health,Setiap tahun tema ini berubah hal ini disebabkan agar mahasiswa mampu berinovasi dengan Tema tema yang dihadirkan agar mampu di terapkan ke dalam digital marketing kelak.

Dalam pratikum ini anggota lebih sedikit dari pada pratikum pertama namun pada pratikum ini sangat di tekankan akan kedalaman survei untuk mendapat hasil riset yang tepat,sebab iklan ini akan sangat bergantung dengan penilaian masyarakat sekita,sehingga iklan yang dihasilkan mampu melekat pada masyarakat dan masyarakat paham akan iklan yang dihadirkan.

Pratikum Audio Visual 3

Pada pratikum kali ini kita di beri tugas untuk pembuatan Konten media yang ditujukan ialah Youtube sebagai playform vidio terbesar saat ini.Tema yang diberikan ialah Kuliner dan Anak Anak,penilaian pada pratikum ini terbagi menjadi 2 tugas yaitu Tema kuliner dengan Taping (pembuatan konten dan tanggal publikasi terpaut jauh dengan melaui proses editing dll) dan tema anak anak yaitu secara On Air (langsung atau Live di platform Youtube).
Pada Pratikum ini kami dituntut cekatan dan disiplin terutama pada saat On Air sebab tidak boleh ada kesalahan sedikitpun dan kerjasama tim sangat dibutuhkan dalam hal ini karena acara diptar langsung jadi tidak ada waktu atau kesempatan untuk merapihkan vidio melalui cara editing.

Komentar

Postingan Populer